Arubaito = Kerja part time

Arubaito (アルバイト) berasal dari bahasa jerman (arbeit) yang artinya bekerja. Orang Jepang menyebut arubaito untuk suatu pekerjaan yang sifatnya sampingan atau kita biasa sebut part timer. Hampir semua orang jepang dewasa bisa dikatakan pernah melakukan arubaito ini. Terutama biasanya pas masa-masa SMA ataupun masa kuliah diperguruan tinggi. Ada kelebihan dan kekurangannya kerja arubaito ini. Kelebihannya : ridak terlalu terikat dan sedikit longgar dibandingkan pekerja biasa, jam kerja biasanya masih bisa tawar menawar. Kekurangannya, para arubaito’ers ini tidak dapat hak sebagaimana sebagaimana pekerja biasa, contohnya : tidak ada tunjangan asuransi atau upahnya lebih murah dll.

Upah arubaito ini bermacam-macam tergantung jenis perkerjaannya. Tapi secara umum kalau di kota-kota besar untuk pekerjaan seperti di convenient store, supermarket atau restoran kisarannya antara 800-950 yen per jam.

Berikut pekerjaan-pekerjaan yang biasanya sering dilakukan oleh orang-orang asing yang berada di Jepang yang berstatus pelajar.

1. Restoran

Pekerjaannya bisa macam-macam, mulai dari tukang cuci piring saja, bantu-bantu memasak, ngambil order dari pelanggan sampai menyuguhkan makanan. Kisara gaji biasanya sekitar 750-850 yen perjam.

2. Convenient store

Pekerjaannya lumayan banyak, mulai dari kashir, memasukkan barang ke rak sampai beres-beres dan bersih-bersih. Gaji sekitar 750 yen/jam. Kalau shift malem bisa sampai 1000 yen perjam.

3. Super market

Kurang lebih pekerjaannya sama seperti di convenient store. Cuma biasanya angkat barangnya lebih banyak kalau cowok. Gaji sktr 750-850 yen/jam

4. Pabrik/Industri kecil

Nah kalo yang ini bisa macam-macam kerjaannya. Tergantung pabriknya sendiri (工場) bikin apa. Industri kecil disini maksudnya, pabrik-pabrik kecil yang membuat/mengerjakan barang2 milik perusahaan besar, toyota mobil misalnya. Pabrik ini hanya memproduksi misalanya host/pipa saluran air pada wiper. Nah kerjaan yang suka dikerjakan untuk arubaito misalanya hanya memotong, atau menempelkan selotip pada tiap ptoongan host atau menambahkan klip pada ujung host tsb. Kerjaannya relatif gampang. Gaji bervariasi mulai dari 700 sampe 1000 yen perjam. Perusahaan spt ini biasanya menyediakan jam kerja panjang, dan kita boleh mengambil sepanjang yang kita mau ;)

5. Kantor Pos

Kerjaannya sifatnya musiman, biasanya ada di bulan desember sampai januari. Pada bulan-bulan ini kantor pos sibuk sekali, karena lalulintas surat dan kartu ucapan selamat tahun baru melonjak berlipat-lipat. Untuk itu pos di jepang memperkerjakan banyak orang sebgai tambahan untuk mencover kerjaan yang membludak itu. Kerjaanannya relatif gampang, hanya memnyortir kartu/surat berdasarkan alamat. Bisa baca kanji menjadi suatu keharusan. Gaji-nya agak murah mulai dari 680 sampai 780 yen/jam.

6. Translator/tourist guide

Kerjaannya agak jarang dan biasanya hanya karena ada kenalan atau hanya berita dari mulut ke mulut misalnya karena pernah ada teman yang melakukan arbaito ini sebelumnya. Bayarannya bisa besar. Seorang teman pernah mengatakan bahwa dia pernah menjadi guide selama kurang lebih 10 hari dan dibayar sktr 200 ribu yen ;)

7. Mengajar bahasa

Yang ini ni favorite, soalnya disamping pekerjannya gampang, bayarannya tinggi ;) , soalnya kerjaan yang begini, termasuk pekerjaan profesional dan keahlian jadi bayarannya lebih mahal, tidak sperti yang lainnya, boleh dibilang kasar :). Gaji mulai dari 2000 sampai 6500 yen/perjam

9. Loper koran

Pekerjaannya gampang, tapi kadang-kadang berat. Biasanya kisarannya sehari sktr 1 jam, pagi-pagi sekitar jam 4-5 . Kerjaannya hanya mengantarkan koran ke rumah-rumah. Gaji-nya biasanya fix perbulan jadi bukan hitungan perjam. Biasanya berkisar antara 50 ribu sampai 70 ribu yen/bulan tergantung banyaknya koran dan perusahaan korannya sendiri

10. Kerja musiman (musim panas/musim dingin/musim buah-buahan)

Untuk daerah-daerah penghasil buah-buahan seperti Yamanashi prefecture, banyak kerjaan yang sifatnya musiman spt ini. Misalnya kalau musim panas, adalah musimnya buah peach. Untuk memetik dan pembungkusan membutuhkan orang sangat banyak bisa mencapai ratusan orang dalam satu kebon/perusahaan dalam sekali musim. Biasanya ibu-ibu sangat tertarik ama arubaito yg satu ini, soalnya tiap hari pulang bisa bawa oleh-oleh buah :D. Begitupun buah-buah yang lainnya pada musim yang lain, anggur, strwaberry dll. Bayarannya sekitar 800 sampai 950 yen/jam.

Masih banyak sebetulnya jenis-jenis arubaito yang biasa dilakukan oleh para pelajar yang berada di jepang, yang jelas arubaito ini omoshiroi (menarik), spertinya para pelajar Indonesia yang ada di Jepang pada pernah ngelakuin yang namanya arubaito ini, arubaito di lab kampus sekalipun. Bahkan seorang teman mengatakan,” Gak lengkap kayaknya kalo belajar di Jepang terus gak baito”. Padahal teman saya ini penerima beasiswa monbukagakusho itu lho!:)

40 Tanggapan

  1. Mau nanya nih kang yanyan.
    Dari dulu hingga sekarang saya masih kurang jelas sama perbedaan arubaito sama pa-to. Ada yg bilang sama, tapi ada juga yg bilang beda. Yang mana yg benar?


    sama tapi gak sama…he.he..
    yg pernah saya tahu sewaktu arubaito di sebuah supermarket, pa-to (sebetulnya asal katanya dari part timer) itu berada di tengah2 antara arubaito dan sha-in (pegawai tetap), jam kerja dan hak2nya lebih drpd arubaito, (dpt bonus yg per 6 bln dll) tapi bukan pegawai tetap spt sha-in itu. Pada hal2 tertentu gak terlalu jelas kok :)

  2. segituh teh gajina gede atau kecil sih?
    Baca komen di atas, pato itu semacam pekerja kontrak kah?



    di jepang biasa2 aja cukuplah buat biaya hidup, gede kalo duitnya dibawa ke Ina :d)

    iya pa-to semacam kerja kontrak, yg jelas bukan pekerja tetap

  3. Sayang sekali uuy nggak dapet kesempatan atubaito disana

    zannen da ne..

    :)

  4. Aih… seandainya di Indonesia juga banyak dibuka hal seperti ini…

    Pengen juga cari tambahan… :D

    di kita lapangan kerjanya dikit mas, untuk pegawai tetap aja belum tertampung semua alias banyak penganggur

  5. emang gampang ya, kalo ngelamar/ nyari pasti ada kang?
    aduh kapan INA kayak gitu yah

    kerjaan banyak, dengan doa dan usaha insyaAllah dapet :)
    kapan ya di INA…

    :)

  6. ikutan cuap cuap ah …baito lumayan sih kl pas longgar bisa buat dana liburan ehm…


    bagi yang gak punya beasiswa mah lumayan banget buat biaya hidup..he..he.

  7. gimana ya bisa kerja di jepang, aku udah 30 th ada kesempatan tidak ya..


    kesempatan ada kali ya, cuma agak sulit, coba aja buka2 ini : http://www.imm.or.jp/jkt/in/index.html

  8. Iya ni,pengen bngt kerja ke jepang
    Gmn ya carany bsa kesana? Ada saran?
    Saya mhsisw baru lulus bidang IT..


    cari beasiswa mas, bagaimanapun itu yg terbaik, di artikel2 saya yg sebelumnya hanya memberikan alternatif kalau tak ada beasiswa..
    kalau ada kemaun insyaAllah ada jalan…ayo jemput bola mas

    :)

  9. sedikit tanya apakah seorang kenshusei mkemungkinkan untu arubaito mas..soalnya banyak rekan2 kenshu yang pada arubaito di hari libur..apakah mungkin kalau sacho nya kasih izin imigrasi juga bisa keluar izin buat kenshu arubaito..??

    hmm..pihak imigrasi sptnya sulit utk mengeluarkan izin baito (izin melakukan kegiatan di luar status yg berlaku), atau coba dilihat lagi point2 kontak kerja kenshu ini, ada nggak point yg tidak memperbolehkan kerja di luar kegiatan kenshu ini di perusahaan. jadi kalau ditnaya mungkin, saya rasa mungkin saja, cuma kalau boleh dan tidak boleh perlu mencari penjelasan lebih lanjut sepertinya. saran saya kalau hendak mengambil baito, ambil yg beresiko kecil dlm hal keselamatan kerja dan tidak terlalu memakan waktu banyak, spt menjadi penerjemah atau ngajar bahasa indonesia, krn kalau terjadi sesuatu malah mengganggu kegiatan inti (kenshu itu sendiri) repot nantinya. alih2 ingin nambah penghasilan malah penghasilan utama jadi hilang krn terjadi kecelakaan kerja di baito ini misalnya.. :)

  10. Kalo keluarganya mahasiswa (misal istri) bisa ga arubaito?

  11. bisa/boleh, siapkan aja surat keterangan izin melakukan aktifitas di luar status (shikaku gai katsudou kyoka) kalau2 orang di tempat kerja menanyakan surat ini.

  12. Mau nanya cari info tentang arubaito tuh gimana? harus jeli? apa koneksi?


    di iklan gratisan/chirasi kan banyak tuh, iya hrs jeli baca kanji :D, ada koneksi lbh bagus, maksudnya kl ada senpai yg udah kerja di sana, terus ngenalin ke kita biasanya lbh tokcer ;)

  13. Wah saya bisa mendapatkan angin segar ketika membaca postingan ini,….

    Semangat…..

    Semanagatsz!!

  14. wah cocok juga neh jadi bahan pertimbangan nyari kerja sampingan

  15. Subhanallah, menginspirasi…

    apa kabar nih, kemana aja gak pernah nongol lagi

    :)

  16. (pengen sih … tapi …)

  17. wah..semoga saya tar bisa mencicipi kesana,amin..
    hehehehe

    amiin..

  18. sampai sekarang saya pingin tuh pergi dan bisa kerja di Jepang. Gimana caranya ya? Tapi saya pernah baca dari selebaran MMC(klo ngga salah) bisa kerja disana. tapi setelah tanya2 saya ga bisa ikutan. karena pernah di operasi besar. alias pernah operasi patah tulang dan pasang platina.
    ada cara lain ngga ? trims

    ambil sekolah bahasa jepang, terus sambil kerj sampingan. ;)

  19. wah, menarik sekali mendengar cerita teman2 dari jepang ini ya? :) mungkin banyak enterprenuer disana, sehingga banyak lapangan kerja, sehingga malah kekurangan pekerja :D

    :D

  20. Assalamualaikum,
    Saya sebenarnya pingin ambil sekolah bahasa. tapi kembali kemasalah dana nih mas. dulu saya pernah ditawarin sekolah bahasa disana, klo ga salah namanya “manabi” atau “manabu”. tapi bayarannya yg mahal. ada info yg bisa bayar saya full ga? paling tidak sampai bisa dapet kerja part time..
    terima kasih sebelumnya… walaikumsallam

  21. assalamualaikum mas,
    mohon maaf pertanyaan saya sungguh sangat OOT,
    tapi smoga mas berkenan utk mnjawab.
    suami saya 5thn yg lalu pernah kenshusei dijepang, dan skrg ingin balik lagi kesana, tpi tidak tau bgmna caranya.. smntara bulan desember kmrin sdh ada pembicaraan sdikit dgn staff disana melalui telfon, kalo sacho bisa bantu. tapi smpe skrg blum ad tindak lanjutnya.. kira2 utk slnajutnya langkah apa ya yg harus suami saya ambil? apakah bisa kaisha mengeluarkan visa kerja untuk suami saya (bukan mata kenshu).. ? persyaratannya apa aja ya?
    terimakasih atas waktunya mas,
    wassalam

    yg menetukan keluara atau tidak visa, adalah kentor imigrasi jepang, yang dilihat dalah profil si perusahaannya (skala, aset, jumlah pegawai dll). kalau oleh pihak imigrasi dianggap layak, visa akan keluar dengan sendirinya..
    jadi coba aja dijalin terus hubungan baik dengan sachou perusahaan itu, dan minta dia untuk mengundang suami agar bisa kerja di jepang….

  22. [...] karena nugra agak2 lupa nama kerja part timenya nugra coba search digoogle,nggak tau sih ini valid atau ndak(nugra pikir sih valid alnya yang punya blog tinggal dijepun) http://agustian.wordpress.com/2008/09/30/arubaito-kerja-part-time/ [...]

  23. ass.wr.wb.
    mas, ada referensi lembaga kursus bhs jepang yg paling murah ga di jepang??saya bermaksud ke jepang dgn visa “pre-college”,ambil kursus bhs yg 3 bln (krn murah)+arubaito jg sambil cari lowongan pekerjaan tetap…apakah pergantian ke visa kerja akan sulit nantinya??skrg jepang emang lg krismon+byk PHK, tp sudah impian saya dari kecil untuk bisa tinggal dan kerja+menikah dgn org jepang hehe.. asalkan ada kemauan yg kuat pasti ada jalan ne~? selama ini saya termasuk kerja rodi jg di indo (plg malem/pagi,maklum profesi ‘kuli desain’ yg kejar setoran…) klo dipikir-pikir mending kerja rodi di jepang aja skalian ^^ denger” di yamanashi byk WNI ya??soalnya ada temen jg yg gawe dsitu…
    hontou ni arigatou ne~
    wass.wr.wb

    biaya kursus bahasa spertinya dimana-mana besarnya relatif sama, terus yg jadi masalah biasanya bukan pergantian visa-nya, tapi dapat atau tidaknya pekerjaan itu sendiri, krn mencari kerja di jepang juga tidak semudah yg diperkirakan. kalau sudah dapat pekerjaan, apalagi kalau diterima di perusahaan berskala besar, permohonan visa tidak akan menjadi masalah.
    di yamanashi orang indonesia lumayan banyak, paling banyak adalah para trainee IMM dan pelajar sekolah bahasa jepang..

  24. watashi wa keyko hamris desu.
    dozoyoroshiku onegaishimasu

    saya dan teman saya berencana ke Jepang dalam waktu dekat ini. Kalau teman saya untuk berkuliah (bekka program) disana, dan saya hanya ingin kunjungan di sana. Kalau saya 2 bulan disana dan ingin melanjutkan izin tinggal, apakah bisa? dan apakah saya bisa mendapatkan part time dengan mengubah status visa kunjungan menjadi visa melakukan aktifitas?

    ohya satu lg teman saya akan mengikuti program di chiba, kira2 ada / tidak ya apato yg murah di daerah sekitarnya / kanto, sekitar dibawah 45000JPY

    domo
    arigatou,.

    untuk merubah status visa ada persyaratan2nya, dan itu cukup ketat apalagi dari visa kunjungan, tapi biar gak penasaran coba aja, bisa datang langsung ke imigrasi dan tanya2
    daerah kanto sptnya sulit kalo 45000-an, agak naikin dikit sktr 60000 peluangnya agak lebih besar ;)

  25. mau nanya ni..klo link buat baito di jepang..apa aja ya..???
    trus web tntang baito di jepang apa aja ya..??
    thanx..di tunggu blsn nya

    banyak seperti

    http://www.baitoru.com/

    http://baito.mynavi.jp/

    tapi, bagusnya mendingan cari langsung di iklan koran atau chirashi di dekat tempat kita tinggal kalo dah nyampe jepang

  26. saya tertarik dengan topik arubaito… tapi ada buku referensi dari jepang nya sendiri tidak ya?
    yg memang menjelaskan tentang sistem dan awal mula arubaito sendiri?

    ditunggu balasannya ^^

    maksudnya buku yang menggambarkan sejarah asal mula baito?..wah saya gak punya.. maaf, tapi penjelasan2 tentang baito banyak kalau di search di internet

  27. banyak temen temen saya disana….sekitar 2 tahun lamanya…pulang2 sudah bisa beli tanah, benerin rumah, dll……memang asyik kerja di negara maju….

  28. dari yogya

    makasih mas.. ulasannya memberi gambaran tentang kehidupan di jepang. mau tanya nih :
    1. saya penasaran nih..kalau di matsuyama untuk biaya hidup berapa ya? kebetulan ada low untuk membantu penelitian prof di sana.. dan dikasih uang hidup 250 rb yen.. durasinya 2 minggu min s.d 3 bulan maks.. apakah cukup ya mas?
    2. kalau kita kesulitan mencari pekerjaan sampingan di Jepang karena kita tidak bisa mengerti bahasa jepang di koran setempat gmn mas? makasih banyak ya atas penjelasannya..

    250 ribu yen untuk 3 bulan?
    1. kalau di luar biaya apartemen/tempat tinggal, untuk biaya hidup sendiri untuk 3 bulan insyaAllah cukup, karena paling uang keluar buat uang makan dan sedikit jalan-jalan, malah bisa bersisa ;)

    2. agak sulit memang kalau tidak mengerti bahas jepang untuk cari kerja sampingan, kecuali pekerjaan yg tidak memerlukan percakapan dan biasanya harus ada teman kita yang mengerti bahasa jepang dan berdekatan kerjanya dengan kita, sehingga bisa membantu kita kalau ada apa-apa.
    ok semoga lancara dan sukses

  29. Maaf, saya mau nanya.

    Insyaallah saya punya rencana survival di Jepang selama 1 bulan (mungkin September atau Oktober ini). Dan saya rasa saya perlu Arubaito agar bisa survive, soalnya kemungkinan dana yang saya bawa dari Indonesia gak akan cukup buat 1 bulan. Tadi baca artikel orang lain, katanya untuk Arubaito perlu izin khusus seperti itu ya..

    Yang mau saya tanyakan :
    1. Saya bukan mahasiswa yang kuliah disana, apakah masih bisa dapat izin untuk Arubaito?
    2. Apakah harus bisa berbahasa Jepang agar bisa Arubaito? Saya cuman bisa Hiragana dan Katakana, tapi bahasa Jepang gak ngerti sama sekali.. hehe..

    Terima kasih….


    1. Untuk izin resmi sepertinya tidak akan dapat bagi temporary visiting (paling lama 3 bulan), akan tetapi biasanya lewat kenalan atau teman bisa aja untuk melakukan arubaito.
    2. Bagaimanapun kalau ditunjang dengan kemampuan bahasa akan lebih bagus karena akan lebih memudahkan untuk berkomunikasi. Sebaliknya, sptnya akan kesulitan kalau tidak mengerti sama sekali, termasuk pas mencari kerjaan itu sendiri

  30. Siang mas, aqu tertarik sama “arubaito”, rencanya suami mau kul S2 di jepang di Niigata. Mau tanya donk,klo aqu ikut dan pengen arubaito bisa?secara selama 2thn,gmn caranya?dan cara dapat izinnya ngurusnya dmn,imigrasi ina kah?trus baby qu umur 1 thn ada kah pre school dijepang,kira2 mahal ga ya biayanya?.klo ga bisa bahasa jepang gmn ya?hrs kursus dlu ya sebelum berangkat?.mohon dibalas ya mas,maaf kebanyakan nanyanya hehehehe

  31. What’s up, I check your blog daily. Your story-telling style is witty, keep it up!

  32. siang mas, di jepang kira-kira gimana ketertarikan mereka untuk belajar bahasa indonesia? apa pengantar belajarnya bisa pakai bahasa inggris?

  33. Menarik sekali infonya

  34. mas…saya sedang mengajukan beasiswa monbusho utk penataran guru selama 1.5 tahun.mudah2an lolos dan brangkat april ini.saya sdh kursus jepang level 2.
    pertanyaan saya:
    1.apakah boleh penerima beaiswa monbusho kerja sambilan (arubaito) di jepang,karena kita tinggal di asrama(dormitory)?
    2. saya berjilbab,sulit tdk utk diterima arubaito?

  35. saya may nanya nii , klo perbedaan antara mahasiswa yg mengambil english course dibandingkan japan course saat kuliah nanti apa akan mempengaruhi Part – time ya . .
    misalnya dari waktu kerja hingga upahnya ,
    soalnya kata temen ku , klo english course biasanya waktu partime lebh pendek dan part timenya lbh sedikit untuk penerimaannya ,
    gmn tanggapannya??
    thankyou a lot
    warm regards

  36. selamat siang salam sejahtera para sedulur semua “BHINEKA TUNGGAL IKA”,singkat cerita kebetulan saya pernah ke negeri sakuara,tepatnya di NAGANO dan yang terakhir di NAGOYA,10 tahun yang lalu,ingin kembali lagi bagaimana caranya ya

  37. mohon bantuanya sekalian terima kasih

  38. Hi….
    kalo bayaran artis penyanyi spt HIMEKA brp tuh..? xiixii

  39. blogging sekarang sudah jadi kerjaan part time ya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: