Saya ingin ke jepang

Sudah lama sebetulnya ingn membuat tulisan mengenai pengalaman pribadi yang ada hubungannya dengan hal-hal mengenai kedatangan di jepang. Ini dikarenakan ada beberapa kali permintaan mengenai penjelasan bagaimana cara datang ke jepang dari rekan-rekan, trik-trik beserta tipsnya, bagaimana peluang belajar di jepang dengan beasiswanya dan lain-lainya. Mudah-mudah lancar, inysaAllah akan ditulis dalam beberapa tulisan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan.

Untuk bisa datang ke Jepang harus ada alasan dan tujuan. Pihak imigrasi jepang terkenal ketat dan selektif dalam memberikan visa kepada orang asing yang hendak masuk ke Japang. Hanya karena anda menyukai film doraemon atau kureyon shinchan tidak akan bisa menjadikan anda dengan mudah masuk ke Jepang:) .

Alasan yang paling mudah dan valid untuk datang ke Jepang adalah sebagai pelajar atau sebagai pekerja. Akan tetapi untuk bisa datang ke Jepang sebagai pelajar, anda membutuhkan support financial yang tidak sedikit. Anda membutuhkan biaya untuk sekolah selama 1 tahun (2 semester) sekitar ¥540.000 (sekitar Rp 46 Juta, asumsi 1 yen = 85 rupiah). Kalau anda mengambil jenjang S1 tinggal kalikan 4 (4 tahun), atau 2 tahun untuk master, atau 3 tahun untuk doctoral degree. Itu untuk biaya sekolah aja lho dan belum termasuk biaya pendaftaran dan tektek bengek lainnya. Belum biaya sewa apartemen, bayar listrik, gas, air, belum biaya makan, atau biaya jalan-jalan dan beli alat elektronik di akihabara:) . Dan itung-itungan yang barusan adalah untuk perguruan tinggi negeri, untuk swasta bisa 2 kali lipat, nah lho!!!

Tapi jangan khawatir, silakan baca trik-trik saya untuk mensiasati itu semua, penjelasan bagaimana cara datang ke jepang sebagai pelajar atau sebagai pekerja.
Seperti disebutkan diatas, cara yang lain adalah datang sebagai perkerja. Akan tetapi anda tidak bisa datang begitu saja ke jepang terus anda bisa bekerja (untuk yang legal). Anda harus mengantongi visa kerja untuk bisa bekerja di Jepang.

Untuk bisa mendapatkan visa kerja anda membutuhkan sponsor dari perusahan yang ada di jepang atau paerusahaan asing yang beroperasi di jepang. Perusahaan tersebut memberikan jaminan dan surat pengantar kepada anda dan kemudian diserahkan ke kedutaan jepang di jakarta untuk mengajukan visa kerja. Akan tetapi permasalahannya akan sangat sulit untuk anda melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan Jepang, sementara anda sendiri berada di Indonesia atau luar Jepang. Dari beberapa pengalaman, teman-teman yang bekerja di Jepang, mereka adalah para lulusan sekolah jepang, dan melamar kerja di Jepang.

9 Tanggapan

  1. saya juga ingin ke jepang.. bisa ga ya??❓
    info yang bagus mas..

  2. saya juga ingin ke jepang mas..?!?
    good info.. jadi tambah pengen ke sana. bisa ga ya??

  3. loch.. ternyata udah 2 kali yach..
    maaf… maaf…


    kalau ada kemauan insyaAllah ada jalan

    😉

  4. wah, saya juga ingin dapat melanjutkan sekolah (kuliah) di jepang. semoga bisa dapet beasiswa monbukagakusho. amin.


    amiin…semoga…
    coba, berusaha/ikhtiar dan jangan lupa berdoa😉

  5. Wah saya juga sangat bersemangat sekalli untuk bisa ke Jepang Maz..

    Sekrang saya sedang kuliah program D-4 bidang pekerjaan sosial di Bandung….

    ganbatte kudasai ne

  6. aku pengen belajar di jepang. tapi og kayak nya biaya nya mahal y????
    huh,,,,,,
    dpt beasiswa mngkin gag yaaa…………..???????

  7. klo kt pngn study ke jepang, apa harus menguasai dg lancar bahasa Jepang?? trus aq gak yakin klo aq bs dpt beasiswa ke Jepang wlp q pngn bgt study d Jepang, coz otak ku cm biasa2 aja,,,, gmn ya?


    @ajeng & nohara11 :
    belajar bahasa jepang dulu, itu yg lebih baik
    kalau enggak, ambil universitas yg ada kelas internasional jadi bahasa pengantarnya bahasa inggris
    beasiswa bagaimanpun hrs dicoba apply, kita gak tau siapa yg bakalan keterima😉

  8. menyaksikn smua hal ttg jepang mmbuat sya smkin berazzam untuk bisa belajar/bkerja di jepang..
    semangat!!!
    bismillah,,pasti bisa.

    siip😉 semangat!

  9. saya ingin sekali belajar di jepang …………..aku yakin bisa……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: