Sekolah bahasa : sebuah alternatif

Sulitnya untuk bisa menembus benteng imigrasi Jepang, sangat dirasakan oleh orang-orang asing yang hendak masuk ke Jepang. Terlebih akhir-akhir ini departemen kehakiman Jepang memberlakukan beberapa peraturan baru yang pada intinya peraturan-peraturan ini dibuat untuk lebih terjaganya keamanan dan ketertiban keadaan dalam negeri Jepang. Yang efeknya makin ribet bagi orang asing yang ingin datang ke Jepang. Salah satu contohnya diberlakukannya pengambilan sidik jari dan foto setiap orang asing yang hendak melewati pintu imigrasi di bandara.

Saya bisa mengibaratkan sekolah bahasa ini sebagai batu loncatan untuk menembus benteng imigrasi jepang yang sangat kokoh dan tinggi itu tadi. Terutama bagi anda yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Pada saat anda kursus bahasa ini anda dituntut untuk pandai-pandai membagi waktu antara kerja, kursus bahasa jepang dan membuat segala perencanaan sehubungan dengan rencana anda berniat untuk lanjut studi, karena yaitu tadi kursus bahasa jepang ini hanya sekedar batu loncatan.

Tentunya bagi anda yang hanya ingin memperdalam bahasa jepang saja pun program ini bisa menjadi pilihan. Bagaimanapun belajar suatu bahasa akan lebih bagus apabila pengajarnya adalah penutur asli bahasa yang bersangkutan, berada di lingkungan pemakai bahasa tersebut dan langsung dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, bisa lewat arubaito itu tadi, mengikuti berbagi kegiatan-kegiatan culture exchange atau sekedar berteman dengan orang jepang. Apalagi kalau anda pernah kursus atau bahkan kuliah di jurusan bahasa jepang di Indonesia, anda tinggal mempraktekan di jepang.

Ok, sekolah bahasa jepang mana saja yang bisa dipply? terus apakah bisa dipply langsung dari Indonesia dan apa saja persiapan yang harus dilakukan dan apa saja persyaratan-persyaratannya?

Sekolah bahasa Jepang yang institusinya berbentuk swasta ini banyak terdapat di setiap kota di Jepang. Sepengetahuan saya semua sekolah bahasa ini bisa dipply oleh orang asing yang berniat belajar bahasa Jepang. Baiknya akan saya uraikan secara umu alur prosedur pendaftaran ke sekolah bahasa ini.

1. Pembelian dan pengisian formulir.

Untuk penyediaan formulir masing-masing sekolah berbeda-beda, ada yang menyediakan online jadi anda tinggal download dan mengisiny. Ada juga yang harus melewati agen-agen sekolah tersebut yang berada di Indonesia.

2. Penyaringan dokumen

Formulir dan dokumen2 pendaftaran dikirim ke sekolah yang bersangkutan dan untuk pemenuhan syarat-syarat yang diberikan oleh Imigrasi Jepang, semua dokumen pendaftaran diproses dan diteliti oleh pihak sekolah bahasa. Pada tahap ini biasanya tidak banyak masalah dan kemungkinan kecil untuk tidak lolos, karena sekolah biasanya memang butuh murid ) . Kalau ada yang kurang lengkap biasanya diberitahu.

3. Pengajuan sertifikat eligibility.

Setelah penyaringan dokumen di sekolah yang bersangkutan selesai, pihak sekolah mengajukan eligibility ke Departemen Kehakiman Tokyo. Calon siswa yang lolos akan mendapatkan sertifikat eligibility dan bisa mengajukan visa ke kedutaan atau konsulat Jepang di Indonesia. Pada tahap ini DepKeh Tokyo punya hak penuh untuk menentukan dikeluarkan atau tidaknya sertifikat eligibility ini, tanpa kita bisa menanyakan alasannya. Pada tahap ini ada kemungkinan untuk tidak dapat sertifikat eligbility tersebut dengan kata lain anda ditolak untuk bisa datang ke Japang. Akan tetapi apabila melihat pengalaman, angka ditolak ini kecil, kurang lebih 1 dari 15 orang ( ini kira-kira lho jangan terlalu percaya ) yang jelas sangat jarang kalau persyaratannya benar-benar ok)

3. Pengiriman sertifikat eligibility

Sertifikat eligibility ini akan dikirimkan kepada calon siswa, biasanya setelah si calon siswa tersebut memenuhi persyaratan yang diajukan sekolah. Misalnya setelah adanya konfirmasi yang menyatakan bahwa si calon siswa telah selesai membayar uang sekolah semseter pertama (ini juga berbeda setiap sekolah)

4. Pengajuan Visa

Setelah sertifikat eligibility berada di tangan, anda bisa mengajukan visa. Visa yang akan anda kantongi adalah pre-college visa yang masa berlakunya 1 tahun dan bisa diperpanjang maksimal 1 tahun lagi.

Satu Tanggapan

  1. Wow..Saya juga ingin mencobanya Maz….

    Salam terima aksih dari Bocahbancar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: