Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya sering muncul dari orang-orang yang hendak mengambil program sekolah bahasa ini, diantaranya (kalau hendak menambahkan silakan tulis di form comment) :

1. Saya berminat, apa yang harus saya lakukan pertama-tama?

Cari info sebanyak-banyaknya ttg sekolah bahasa ini, spt milis2, blog2 seperti ini dan banyak bertanya. Biasanya sekolah bahasa yang ada di sini/jepang, apabila sering mendatangkan orang indonesia, di indonesia ada kantor perwakilan (baca : broker), infromasi spt ini banyak tersebar di lingkungan jurusan sastra jepang.

2. Kapan saya bisa mendaftar?

Kelas mulai bulan april, biasanya pendfataran mulai september sampai dengan november tahun sebelumnya.

Kelas mulai bulan Oktober, biasanya pendaftaran mulai dari maret sampai mei tahun yang sama

3. Saya belum pernah belajar bahasa Jepang di Indonesia, apakah bisa mengikuti program ini?

Bisa, bahkan ada beberapa yang membolehkan juga lulusan SMA

4. Apakah biaya hidup plus bayaran sekolah bisa tertutupi hanya dengan kerja part time/arubaito itu?

Kerjaan sebetulnya masalah rizki, kalau beruntung (dapat kerjaan bagus) semua bisa tertutupi bahkan bisa menabung untuk melanjutkan sekolah ke universitas dan di universitas baru bisa mulai mencari beasiswa. Dari pengalaman sendiri dan teman2, semua bisa survive sampai lulus sekolah bahasa hanya dengan arubaito ini,

5. Setelah selesai sekolah bahasa itu, apakah saya bisa memperpanjang izin tinggal di Jepang? dan bagaimana prosedurnya apabila hendak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi di Jepang?

Bagaimana trik-trik dan tips untuk lanjut ke pergeruan tinggi, perlu pembahasan khusus. Yang jelas untuk bisa memperpanjang izin tinggal di jepang setelah lulus sekolah bahasa harus “memegang” sebuah status, apakah pelajar atau pekerja dll.

6. Setelah selesai sekolah bahasa ini apakah saya bisa mencari kerja di jepang?

Bisa saja, akan tetapi mungkin lebih sulit untuk mendapat pekerjaan, lebih baik menyelesaikan studi terlebih dahulu di Jepang (s1 atau s2)

dll

……..to be continued….