Gunung Fuji mau meletus?

Para ahli vulkanologi Jepang meramalkan seandainya Gunung Fuji meletus seperti letusan terakhir sktr 300 fujitahun yang lalu (1707), kerugian material yang diakibatkan oleh letusannya bisa mencapai 21 Milyar US dollar!. Ini bisa difahami karena daerah sekitar gunung Fuji merupakan daerah pemukiman dan Tokyo termasuk kota yang dekat dengan Gunung Fuji.

Apabila melihata catatan sejarah letusannya, 2 kali sebelum tahun 1707 adalah tahun 1435 kemudian tahun 1511. Maka jarak antara tahun letusannya menjadi kurang lebih 100, 200 dan 300 tahun (kalau tahun2 ini meletus :d). Pada letusan tahun 1707 Gunung Fuji meletus dan menyemburkan material vulkanik tidak dari crater lama yang berada di puncaknya akan tetapi dari crater baru yang terbentuk di selatan agak ke timur, sehingga yang paling terkena dampak dari letusan pada saat ini kota yang berada sepanjang arah diantaranya Gotenba, Odawara, Yokohama dan Tokyo. Walaupun sebagian orang jepang merasa cemas kalau-kalau Gn Fuji ini meletus dalam waktu dekat, krn melihat siklus tahun meletusnya itu, Gunung Fuji tdk pernah sepi dari pengunjung. Gunung Fuji (3776 mdpl) merupakan salah satu tujuan mendaki gunung. Gn Fuji tidak pernah sepi dari para pendaki. Menurut catatan dari Yamanashi-ken, setiap tahun pendaki Gn Fuji tidak pernah kurang dari 200.000 orang! dan sepertiganya adalah orang asing…hebat!.

Sekitar tahun 2001 pernah ada isu bahwa Gunung Fuji akan meletus karena dideteksi ada gempa-gempa kecil dari bawah gunung Fuji. Akan tetapi belakangan dikatahui bahwa gempa frekuensi rendah itu berasal dari pengisian kantong magma Fuji oleh magma basaltik.

Gunung Fuji memang sedang tertidur lelap, tapi persiapan-persiapan untuk memperkecil kerugian materi dan jiwa, sudah dilakukan sejak awal oleh para ahli dan pemerintah Jepang, kalau tiba-tiba Gunung Fuji ini meletus. Walaupun para ahli vulkanologi Jepang tidak mencatat aktifitas Gunung Fuji yang berarti sekarang-sekarang ini, ada sebagian orang yang memperingati 300 tahun terakhir Gunung Fuji meletus sambil mempercayainya, akan kemungkinan meletus dalam tahun-tahun ini. Tapi buat para pecinta naik gunung dan penikmat Gn. Fuji mungkin masih bisa tenang, soalnya belum ada laporan dari para ahli vulkanologi Jepang ini bahwa Gn. Fuji sedang memperlihatkan aktifitasnya yang berarti sekarang-sekarang :)

Satu Tanggapan

  1. kren bgd gnung fuji !!!!!!!!!
    kpan ya ku bisa k sana??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: