Jinsei

Bagi anda yang pernah belajar bahasa Jepang menggunakan text book minna no nihongo (みんなの日本語), pasti pernah melihat gambar seperti di samping kiri ini. Ya, gambar ini saya ambil dari buku tersebut versi terjemahan bahasa Indonesia. Gambar ini menjelaskan alur kehidupan (jinsei, 人生)orang Jepang. Kalau kita lihat, tidak ada yang istimewa, karena  memang seperti itu alur kehidupan secara umum orang-orang yang hidup dalam kondisi lingkungan standar di belahan dunia mana pun.

Pada gambar di samping dijelaskan bahwa setiap orang mengalami 5 fase dengan masing-masing tingkat jenjang pendidikan : bayi (赤ちゃん), anak-anak (こども), remaja (青年), setengah baya (中年) dan usia lanjut (老人).  Pada saat setelah menyelesaikan pendidikan tingkat tinggi umumnya orang Jepang akan mencari pekerjaan dan setelah beberapa tahun setelah bekerja kemudian memutuskan untuk berkeluarga. Kemudaian mengambil masa pensiun di sekitar usia 65-70-an. Masa pensiun dihabiskan dengan mengurus rumah, tanaman mengurus cucu dan lain sebagianya, sampai akhir hayatnya. 

Data dari Departemen kesejahteraan Jepang tahun 1998  menyatakan bahwa rata-rata hidup orang Jepang adalah 77.16 tahun untuk laki-laki dan 84.01  untuk perempuan. Angka ini cukup tinggi, bisa kita fahami disamping tingkat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi akan kesehatan, juga tingkat pelayanan kesehatan dari pemerintah untuk masyarakatnya juga sangat bagus.

 bersambung….. 😉

5 Tanggapan

  1. kapan ya om, di Indonesia bisa demikian? hihihi….salam kenal!

  2. lama tak mampip cabar om…………senang mendapati semngatnya om lagi
    salam hangat dari blue
    ajarkan blue bahasanya dong om……………..

  3. Jepang memang pantas disebut Macan Asia.
    Makasih udah share…🙂

  4. Ayo posting lagi bro…
    tak’ tunggu postingan berikutnya….🙂

  5. pengalaman saya kesana memang memberikan kesan yang mendalam,terutama dengan perilaku dan tata tertib disana…..benar2 sangat tertata….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: